Jumat, 08 Februari 2013

SUZUKI THUNDER 125: PESONA SANG KORBAN MODE

Dua bulan lalu aku lego GL Pro jadul kesayanganku. Sayang juga sih, karena dia sudah kuanggap  saudara sendiri. Maklum, kita sudah  lama berteman  dalam suka dan duka. Bahkan boleh dibilang sudah jadi sahabat terbaikku. Dia setia nemenin aku ke mana saja, kuliah, kerja, jalan2, dan segala urusan.   
Sebenarnya sih pengen restorasi saja, tapi sayang nggak ada waktu buat urusan motor kaya waktu muda dulu. Apalagi kondisi itu motor memang sudah parah. Kaki2nya perlu diganti total, mesin belepotan oli, cat sudah pada ngelupas.
Pengennya sih ganti Kawasaki ER6, minimal Ninja 250, tapi melihat kondisi kantong rasanya mustahil keluarin duit 100 juta sekedar buat motor. Kreditan mobil aja belum lunas. He, he, he...
Merek lain yang cc-nya segitu, nggak kepikir. Maklum, termasuk rider setia. He he he..., Begitu nunggang satu motor nggak nakal jatuh hati pada yang laen. Paling-paling, baru lirak-lirik sambil ngiler kalau ketemu Harley atau motor2 bermesin sexy aja. 
Beli baru juga pikir2 kalau cuma buat motoe. Selain butuh lebih banyak duit, juga sayang kalau motor baru diutak-atik. Lagian motor baru kan jadi sasaran maling motor yang makin marak, malah makin sadis. (Biasa, Alasan orang nggak punya duit!)
Jadilan iklan motor bekas jadi sasaran. Di antara semua motor bekas, ternyata harga jualnya si Thundy paling cocok di kantong. Jadi terpikir, kenapa nggak  Thunder saja? Modelnya lumayan macho, apalagi untuk keperluan sehari-hari, tapi kenapa tidak laku? Padahal mereknya ternama. Malah dulu nama Suzuki pernah moncer di era grass track dan road race. Apalagi jamannya GSX. 
Dari browsing ke browsing dan obrol sana-sini ternyata pada nggak suka dengan modelnya yang kurang modis. Maklum, selera orang Indy kan pertama2 modelnya. Terus mesinnya? Konon nggak ada tenaga, tapi aku nggak percaya. Masak sih motor jaman ini sampai sebegitu loyonya?
Setahuku nggak ada motor yang nggak bisa digedein tenaganya. Bahkan Binter Merzy kesayanganku nggak kehabisan akal buat bikin mesinnya jadi gahar.
Akhirnya, aku beli aja Thundy 2005 punya teman tetangga yang hobby turing, cuma 5 jeti. Murah meriah! Kondisi utuh tanpa terluka sedikitpun. Bahkan baut mesin ga ada tanda pernah dioperasi. Padahal motor lain umur segitu masih ditawarkan di atas 9 jutaan, malah masih ditambah bonus tangki keroposlah, knalpot las-lasan, atau spedometer soak.
Selama naik ini motor dari rumah asalnya ke rumahku ternyata lumayan enak juga. Mesin Thundy aluuuusss buanget, lumayan kenceng, tapi tarikannya lemooott..... Oh... rupanya ini dia masalahnya. Karena malas utak-atik, esoknya aku bawa ke bengkel resmi, konsultasi dan diservis. Hasilnya...., tetep aja loyo!! Waduh! 
Nyampe rumah langsung saja aku bongkar sendiri karbunya. Aku comot karbu RX king yang nempel di Merzy. Manipol yang terlalu gede aku ganjel kertas. Hasilnya.... Whuuusss... Puas.... Tarikan dan speednya oke, bro!!! Nggak kalah sama Mega Pro!!! Nggak jauh2 lah... He, he, he.... Ketemu deh titik lemah si Thundy. 
Hari itu juga langsung saja aku belikan karbu sendiri. Karena toko spare part dekat rumah hanya jual karbu Ninja 150, KW 4 lagi.... terpaksa itu juga yang aku pasang. Harganya damai... cuma 100 ribu!!! Pasangnya mudah karena, manipol nggak perlu ganti, tapi sebelumnya spuyer main jet dan pilotnya kuganti yang lebih kecil. Hasilnya.... Whusss.... Nyaman banget..... Bawaannya anteng dan stabil. Mungkin karena bobot motor ini lumayan antep.
Kalau saja sempat bore up sedikit dan up grade kelistrikannya, aku yakin tenaga Thundy tak kalah dari motor yang harganya 2-3 kali lipat itu, tapi buat apa? Bagiku Thundy saja sudah lebih dari cukup buat teman kerja, jalan2 dan kebutuhan sehari2. Asal bukan buat balapan, si Thundy sudah cukup untuk jadi sahabat sejati.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar